Friday, December 14, 2007

Kecurian Berhadiah

Saya bangun pagi ini dengan perasaan yang cukup segar/ mata tidak sepat lagi/ cuma perlu menyesuaikan sejenak dengan cahaya lampu// setelah perasaan agak baikan/ saya beranjak berwudhu dan menyelesaikan kewajiban saya tepat setelah Iqamah di Masjid dekat rumah// saya bahkan mendahului alarm ponsel yang memang diformat 4.50/ 20 menit lebih terlambat dari biasanya/ soalnya tadi malam/ pulangnya agak lama/ dan musti menyelesaikan beberapa tugas di rumah/ jadilah mandinya kemalaman// tapi subuh ini segerrr/ Sebenarnya hari ini saya terkena musibah dan akan menuliskan uneg-uneg itu dengan judul besar Hadiah Akhir Tahun Yang Batal/ jadul bukan? soalnya sedang esmosi/ atau biar lebih norak bikin judul Batalnya Hadiah Akhir Tahun/ tentunya dengan bahasa yang mendayu-dayu untuk mewakili hati yang lagi gerimis berombak//Saya baru saja kecurian di pagi buta di wilayah teritorialku sendiri/ di kantorku/ di mejaku// Gemes ga lo?//Terus pencuri itu mengambil tas dari depan kompiku dan membuang begitu saja tasnya di keset kantor setelah ngacak isinya// buset/ mestinya dia taroh baik-baik dulu terus bilang terima kasih ya saya permisi dulu//

Impossible Of Course!

Tadi pagi perasaan saya tiba-tiba jadi kelabu/ belum lagi ada satu penyiar yang lagi ngambek sama saya// Saya merasa dalam hati dia pasti nyumpahin atau sekedar bilang sukurin// Tapi ga mungkin/ betapapun dia lagi marah/ pasti dia tetap merasa sedih juga dengan musibahku/ apalagi saya tetap harus kerja/ mengawal acara/ mencatat dan memilih pemenang buku/ mengontrol tamu/ memastikan dia datang/ memastikan dia siap untuk on air dengan
mengajaknya sharing supaya tidak grogi/ sambil menelepon ke Mandiri Centre 14000 yang panduannya puanjaaaaaaaang benerrr! untuk segera memblokir pemakaian kartu ATMnya/ Apalagi di dompet itu juga ada buku tabungannya/ somehow it works//
Saya jadi ingat sepatu ya ga jadi dibeli/ jadi sedih akhir tahun ini tidak ada hadiah kecil untuk diri sendiri//Tapi anehnya saya tidak geram/ atau ngamuk/ atau menangis// sebenarnya mata sudah perih sih/ tapi ga tuh//Saya kemudian berpikir-pikir/ Ah orang itu pasti terlalu miskin sehingga dia perlu mencuri uang dengan resiko kedapatan dan digebukin// Apalagi inikan baru tanggal 14/ dia pasti sangat membutuhkan uang// saya pernah membaca bahwa yang disebut orang miskin itu ada yang memang benar-benar tidak punya uang/ penghasilan dan sesuatu untuk dimakan//Dengan memikirkan itu saya tidak jadi marah dan sedih// padahal rencananya mau merajuk pada kawan lama yang tiba-tiba muncul dan mengajakku jalan-jalan//
Satu cut terakhir sebelum Indosat Delta Morning Show closing/ ketika hostnya sedang melakukan wawancara dengan tamu dari Grolen Holtikultur/ tiba-tiba atasanku muncul di balik kaca ruang siaran dan memberikan kode [noode?] supaya saya keluar// Dengan agak kesal saya tinggalkan ruang siar yang lagi eksekusi/ soalnya saya sudah membayangkan serbuan pertanyaan/ kenapa bisaaaa?/ dari teman satu kantor [they care of me indeed!]Di ruang tamu ada dua orang tamu yang kira-kira berumur hampir 30// laki-laki gempal berwajah cerah dan
perempuan berjilbab yang lebih langsing// belakangan saya tahu mereka suami istri//
Dari jauh Pak Kurniadi tamu saya ini/ sudah menangkupkan dua telapaknya/ menandakan ia tidak akan bisa menyambut jabat tanganku// saya hanya mengangguk sambil tetap bertanya-tanya dalam hati siapa kira-kira tamu saya ini// saya lalu memilih berjabat tangan dengan istrinya yang langsung mengucapkan salam//beberapa detik kemudian/ si suami dengan sulaman Baznas Lagzis di dada kirinya lalu mengeluarkan kartu Atm dan Asuransi kesehatanku// Saya benar-benar tidak siap dengan kejutan yang diberikan Tuhan sepagi ini//Baru saja saya kehilangan dompet berikut isinya/ sekarang Kartu yang bikin saya deg-degan pagi-pagi/ ternyata sudah kembali// Waw this fast? Tuhan, kamu benar-benar partner in crime-ku//Pencuri yang katanya agak terbelakang mentalnya itu sendiri yang menyerahkan jarahannya pada bapak ini// tapi memang uangnya tidak kembali/ hanya beberapa lembar uang riyal yang mungkin tidak ia tahu harus diapakan sehingga diberikan pada pak Kurniadi//
Yang menakjubkan adalah pemikiran bagus yang langsung muncul setelah kecurian itu/ tahu kan bagaimana rasanya kecurian atau mengalami musibah/ yang tidak enak adalah perasaan kesalnya/ perasaan kecolongannya/ perasaan gondoknya yang bikin tenggorokan jadi sakit//saya surprised saja karena perasaan itu langsung berguguran setelah saya memikirkan sebuah ide tentang seperti apa rupa seorang pencuri//Tuhan juga segera mengembalikannya dengan cara yang tidak kuduga duga//saya merasakan keajaiban doa dan niat baik di pagi buta//

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home